Diklaim Design Merchandise Mirip Dengan EXO, Army: Itu Bukan Merchandise Resmi, Tidak...

Diklaim Design Merchandise Mirip Dengan EXO, Army: Itu Bukan Merchandise Resmi, Tidak Masalah

EXO dan BTS www.allkpop.com

Baru-baru ini penggemar boy band EXO yang disebut EXO L kaget karena postingan salah satu fans BTS atau yang disebut dengan ARMY pada akun twitternya yang memposting foto merchandise yang akan dijual. Telah diketahui, bahwa hal-hal seperti lighstick, merchandise merupakan barang yang identic dengan idol atau grup band sehingga setiap lighstick dan merchandise biasanya berbeda setia boy band ataupun gril band.

Pada postingan fans BTS tersebut, diketahui bahwa dia tengah menjual merchandise BTS dimana merchandise itu diklaim mirip dengan merchandise resmi EXO. Design yang mirip ini, membuat beberapa netizen mengklaim bahwa ARMY telah melakukan plagiat pada merchandie EXO. Meskipun bukan dijual resmi dari perusahaan BTS bernaung, Big Hit, namun hal semacam ini tentu saja dianggap mengganggu baik oleh netizen maupun oleh fans EXO, EXO L.

Screenshoot akun twitter Army, koreaboo.com
Screenshoot akun twitter Army, koreaboo.com
Merchandise resmi EXO koreaboo.com
Merchandise resmi EXO koreaboo.com

Melalui postingan di Pann rentetan komentar oleh netizen berdatangan. Beberapa menyatakan bahwa sikap ARMY yang menjual merchandise tersebut salah dan terlebih sikap beberapa dari mereka (ARMY) yang membela diri dengan menyatakan bahwa hal tersebut tidak masalah karena merchandise yang dijual bersifat tidak resmi dari perusahaan. Beberapa netizen juga menyindir bahwa bila hal tersebut dilakukan oleh EXO L, maka tentu saja EXO L akan dikritik habis-habisan.

Bagaimana menurutkalian reader, kalian setuju dengan netizen?