China Bakal Memiliki Teleskop Radio Terbesar Di Dunia Yang Diberi Nama FAST

China Bakal Memiliki Teleskop Radio Terbesar Di Dunia Yang Diberi Nama FAST

Jendelanet.com – China bakal memiliki teleskop radio tebesar di dunia yang diberi nama FAST. Proyek tersebut saat ini sedang dalam proses penyelesaian dan diperkirakan sudah bisa dioperasionalkan mulai September 2016 ini. Saat ini pembangunan tinggal melakukan perangkaian untuk bagian akhir dari modul teleskop.

Saking besarnya teleskop ini, dibutuhkan tempat yang sangat luas. Untuk luas teleskop ini saja memiliki bukaan lensa bulat dengan ukuran 500 meter. Nama FAST juga diambil dari luar bukaan lensa yang merupakan akronim dari Five-hundred-meter Aperture Spherical Telescope. Luas ini setara dengan besar 30 lapangan sepakbola.

Alokasi dana yang diperlukan pun cukup fantastis yakni mencapai 180 juta dolar AS atau sekira Rp 2,37 triliun. Nantinya proyek ini dipakai untuk menjelajah ke luar angkasa dan mencari kemungkinan adanya kehidupan ekstrateritorial. Pemerintah China menjadikan program luar angkasanya sebagai salah satu prioritas di samping program pembangunan lainnya.

Hadirnya FAST bakal mengalahkan teleskop tersebar sedunia saat ini yang dimiliki Obervatorium Arecibo di Puerto Rico, dengan diameter 300 meter. China meyakinkan jika program luar angkanya memiliki tujuan damai sekalipun Amerika Serikat menuduh China melakukan aktivitas “mencegah musuh menggunakan asset-aset berbasis luar angkasa dalam masa krisis”.

“Para ilmuwan saat ini akan mulai melakukan menguji coba teleskop”, kata Zheng Xiaonian, Wakil kepala Observasi Astronomi Nasional di bawah Akademi Sains Cina