Spesifikasi Dan Harga Radeon RX 480 di Indonesia

Spesifikasi Dan Harga Radeon RX 480 di Indonesia

Trentekno.com- AMD secara resmi memperkenalkan kartu grafis kelas menengah Radeon RX 480 di Indonesia. AMD mengatakan bahwa kartu grafis ini cocok untuk mengakomodasi teknolog virtual reality. Harga AMD Radeon RX 480 sekitar Rp 2,9 – 3,1 juta.

“Kita sama-sama tahu bahwa virtual reality dewasa ini selalu identik dengan mahal. Hanya beberapa persen pasar bisa menikmati teknologi tersebut. Karenanya dengan kartu grafis terbaru ini AMD ingin membawa pengalaman virtual reality ke tahap yang lebih terjangkau, sehingga bisa dinikmati oleh banyak kalangan,” kata Channel Sales Director ASEAN & India AMD Ryan Sim.

Seperti yang sudah Sidomi News bahas sebelumnya, AMD menjanjikan peningkatan performa dan diiringi penurunan konsumsi daya yang signifikan. Apa yang dijanjikan oleh AMD ini sebenarnya masuk akal mengingat kartu grafis Radeon RX 480 berbasis Polaris 10 ini sudah menggunakan teknologi produksi 14nm FinFET. Hal ini membuat ukuran die core GPU Polaris menjadi semakin kecil dan lebih rendah konsumsi dayanya.

Spesifikasi kartu grafis AMD Radeon RX 480 ini cukup gahar dengan mengusung 2304 stream prosesor yang terbagi dalam 36 cluster, sehingga masing-masing cluster terdapat 64 stream prosesor. Radeon RX 480 ini mampu memuntahkan kemampuan komputasi paralel yang cukup tinggi, yakni lebih dari 5 TFLOPS.

AMD membekali Radeon RX 480 ini dengan Texture Unit (TMUs) berjumlah 144 unit dan Raster Operations (ROPs) berjumlah 32 unit untuk mendongkrak performanya. Chip AMD Radeon RX 480 ini dibuat dengan teknologi proses 14nm yang diproduksi oleh Global Foundries. Kartu grafis AMD Radeon RX 480 ini juga menggunakan arsitektur yang lebih baru dari sebelumnya, yakni GCN 4 Polaris.

AMD Radeon RX 480 ini telah dilengkapi dukungan terhadap standar DirectX 11.2 dengan kecepatan clock GPU (Graphics Processing Unit) 1,08Ghz dengan Turbo yang belum diketahui, serta ditandemkan dengan antarmuka memori 256-bit dan menggunakan VRAM 4GB atau 8GB GDDR5 dengan kecepatan 8Gbps, seperti yang dilansir dari Detik (18/07/2016).