Banyaknya Korban Game Pokemon Go Membuat Nurhayati Ali Assegaf

Banyaknya Korban Game Pokemon Go Membuat Nurhayati Ali Assegaf

Jendelanet.com – Tenarnya Game Pokemon Go dan munculnya fenomena negatif para pemainnya menuai banyak tanggapan dari berbagai kalangan. Beberapa gamer memang ada yang mengalami kecanduan atau bahkan membuat gamer kecanduan atau menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas. Belum lama ini Nurhayati Ali Assegaf selaku Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI turut menanggapi fenomena tersebut.

“Pokemon tak usah dibesar-besarkan. Kalau saya sendiri Alhamdulillah tidak tertarik. Anak-anak saya juga tak tertarik. Saya dengar di radio, televisi, membuat orang penasaran. Masing-masing sudah tahu apa yang harus dilakukan. Ada kepatutan. Buat saya, ketika dilakukan di jam-jam senggang itu manusiawi, tetapi bukan berarti menjadi kecanduan apalagi merugikan.”

“Bagus kalau sudah ada larangan. Tetapi hal-hal itu dari pribadi masing-masing kapan dia mau main. Kalau saya ada yang lebih penting dari bermain Pokemon,” kata Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Nurhayati Ali Assegaf.(20/07/2016).

Sebenarnya agak berlebihan juga jika game Pokemon Go harus diblokir karena menyebabkan berbagai masalah, seperti kecelakaan lalu lintas, kecanduan, malas kerja, dan sebagainya. Hal tersebut kembali pada masing-masing gamer atau pemain Pokemon Go untuk dapat mengedukasi dirinya sendiri saat memainkan game tersebut agar tidak menimbulkan dampak negatif.

Langkah awal untuk memainkan game ini mengunduhnya terlebih dahulu file instalasi atau APK dari game Pokemon Go yang banyak tersedia di internet. Setelah aplikasi atau game Pokemon Go terinstal di ponsel, maka dapat langsung dijalankan. Langkah pertama adalah memasukkan informasi tanggal lahir dan kemudian mendaftar. Pendaftara game Pokemon Go ini dapat menggunakan akun Google.

Setelah mendaftar, pemain akan memilih avatar yang akan digunakan. Avatar ini dapat dikostumisasi mulai dari warna rambut, kulit, topi, dan pakaiannya. Setelah itu, kita akan disuguhi tiga ekor pokemon yang mana kta dapat memilih salah satunya. Langkah berikutnya adalah menangkap pokemon dengan bola yang disebut pokeball dengan cara berkeliling ke pelbagai tempat.