Mengejutan, Kabar Buruk Datang Dari Pengguna Kickass

Mengejutan, Kabar Buruk Datang Dari Pengguna Kickass

Jendelanet.com – Baru baru ini tersiar kabar buruk menimpa pengguna torrent karena Kickass Torrent yang merupakan salah satu penyedia torrent telah ditutup. Tak hanya itu, pemilik yang mengoperasikan situs berisi konten ilegal, Artem Vaulin, juga ditangkap oleh pemerintah Amerika Serikat di Polandia. Artem dituduh melakukan konspirasi untuk melakukan pelanggaran hak cipta pidana dan konspirasi untuk melakukan pencucian uang.

Torrent merupakan sebuah standar P2P (point-to-point) yang memungkinkan pengguna saling berbagi konten yang mereka miliki ke pengguna lainnya menggunakan aplikasi torrent client seperti Transmission atau uTorrent. Torrent sering kali dimanfaatkan untuk berbagi file secara ilegal yang meliputi musik, video, film, sowftware, dan banyak lagi.

Kickass Torrent adalah situs penyedia torrent yang berdiri sejak tahun 2008 dan awalnya tidak terlalu populer. Namun, setelah situs sejenis yang lebih besar, The Pirate Bay ditutup, Kickass Torrent mengalami peningkatan pengguna yang masif. Artem Vaulin yang merupakan pemilik Kickass Torrent ditangkap oleh pihak yang berwenang AS karena servernya berlokasi di Chicago.

“Vaulin dibebankan dengan menjalankan website file-sharing ilegal saat ini yang paling banyak dikunjungi, bertanggung jawab untuk melawan hukum mendistribusikan lebih dari $ 1 milyar materi berhak cipta. Dalam upaya untuk menghindari penegakan hukum, Vaulin diduga mengandalkan server yang berlokasi di negara-negara di seluruh dunia dan pindah domain-nya karena untuk menghindari tuntutan hukum sipil.”

“Penangkapannya di Polandia, bagaimanapun, menunjukkan lagi bahwa penjahat cyber dapat berjalan, tetapi mereka tidak bisa bersembunyi dari keadilan,” kata Asisten Jaksa Agung Caldwell, seperti yang dilansir dari Hackread (21/07/2017).

Berkaca pada kasus The Pirate Bay yang berkali-kali ditutup dan disita servernya masih bertahan hingga sekarang. Mungkin, Kickass Torrent akan kembali suatu saat nanti dengan nama yang sama atau berbeda. Tak hanya itu,banyak yang meyakini bahwa penangkapan Artem Vaulin dan penutupan Kickass Torrent bukanlah kematian situs tersebut.