Tarik Minat Pengguna Android, Windows Phone 10 Perlu Hal Ini

    windows-phone-10

    Dulu di masa jaya Nokia, hanya ada dua persaingan PDA sebagai ponsel pintar, yakni Palm dan Newton. Namun, sebelum kedatangan iPhone, Steve Jobs “membunuh” Newton dan hanya menyisakan Palm. Palm kemudian bertransformasi hingga menjadi Windows Mobile.

    Sayangnya, Microsoft bereaksi terlalu lambat terhadap haluan tren ponsel pintar setelahnya, dan harus memulai dari awal. Sang raksasa dari Redmont, Washington ini kemudian memulai eksperimen dengan Windows Phone 7, kemudian 8, dan seterusnya. Banyak pelajaran yang didapatkan dan berhasil diterapkan ke dalam perangkat tablet dan desktop.

    Kini, setelah Windows 10 diluncurkan untuk perangkat desktop, tablet, dan laptop, banyak pihak menantikan Windows 10 Phone. Namun, apa sajakah yang Microsoft dibutuhkan untuk menarik simpati publik pengguna ponsel? Berikut ulasannya.

    Aplikasi

    Microsoft mengembangkan Universal Apps sebagai struktur pengembangan aplikasi yang dapat diterima di beragam perangkat, hingga Xbox dan HoloLens. Meski telah banyak pengembang yang mengeluarkan aplikasi khusus Windows 10 buatan mereka, namun kontribusi pengembang resmi Microsoft masih minim. Hal inilah yang harus ditingkatkan.

    Kedaulatan Pengguna

    Sistem operasi Windows pada desktop sangat mudah dan praktis untuk dijalankan untuk kebutuhan apapun, sehingga membuat penggunanya nyaman dan setia. Hal ini juga terasa di Windows phone di masa lalu. Sedangkan Apple, malah sebaliknya. Anda hanya dapat menggunakan iOS sebanyak yang Apple katakan anda bisa.

    Android adalah kebalikan dari Apple, mudah dibuka dan diakses ke akarnya. Namun Windows 10 tidak sebebas Android, bahkan beberapa fitur kebebasan yang tertanam di Windows 7 mustahil didapatkan di Windows 10. Microsoft harus bisa memberi akses luas kepada pengguna dengan bantuan aplikasi bawaan.