Nokia C1, Pertama Dengan Android Murni (Gambar Bocoran)

Nokia C1, Pertama Dengan Android Murni (Gambar Bocoran)

Nokia-C1-prototipe

Sebelum mengakuisisi Nokia, salah satu rencana Microsoft dalam pembahasan 11 jam untuk menyelamatkan dan menghidupkan kembali ambisi ponsel pintar Nokia adalah peluncuran model X, yang disusun berdasarkan kerangka ponsel berbasis Android, namun sama sekali tidak tampak seperti visi sistem operasi yang ditawarkan oleh Google.

Anda pun tentunya tidak lupa bagaimana performa penjualan model Nokia X, X+, dan XL terbilang melempem, dan kita juga tidak bisa serta-merta menyalahkan kegagalan mereka untuk mengadopsi sistem operasi ponsel paling populer di dunia. Namun, pejabat baru perusahaan asal Finlandia ini tahu betul bahwa Android tetap menjadi kesempatan terbaik mereka untuk mengangkat kembali merek Nokia, dan inilah mengapa perangkat Nokia C1 yang ditenagai Marshmallow, dilaporkan sudah dalam tahap realisasi.

Mengingat ketentuan perjanjian dengan Microsoft tahun lalu, logo Nokia tidak akan dapat ditempatkan produk komersial hingga kuartal keempat 2016. Jadi jika model C1 ini memang nyata (dan benar-benar nyata), kemungkinan besar merupakan purwarupa awal yang dimaksudkan sebagai pameran kepada calon mitra perangkat mengenai kualitas rancangan ponsel yang belum diakuisisi oleh Microsoft.

Perlu diingat bahwa rencana Nokia adalah mengandalkan tenaga produksi luar perusahaan untuk memproduksi dan mendistribusikan ponsel pintar Nokia di masa depan, seperti halnya pabrikan kontrak Foxconn, yang baru-baru ini membantu memproduksi model tablet N1 mereka.

Spesifikasi pada saat purwarupa C1 ini dibocorkan adalah layar 5 inci beresolusi 720p, prosesor Intel, RAM 2GB, dan kamera 8 dan 5MP, serta penyimpanan internal 32GB. Memang, semua detail spesifikasi ini dapat berubah, dan bocoran gambar ini sendiri mungkin juga dibuat oleh penggemar Photoshop terampil.