Samsung Buka Kemungkinan 6GB RAM Pada Ponsel Android

Samsung Buka Kemungkinan 6GB RAM Pada Ponsel Android

samsung-6gb-ram

Beberapa konsumen ponsel pintar, termasuk mereka yang menggunakan daya ponsel secara wajar, mungkin merasa bahwa standar 4GB RAM untuk ponsel premium adalah sesuatu yang berlebihan, karena berpikir bagaimana bisa pengguna akan menjalankan muatan aplikasi Android penguras memori secara bersamaan di Lollipop untuk benar-benar membuat RAM sebesar itu bisa bekerja secara penuh.

Meski Marshmallow kemungkinan tidak akan dapat mengonsumsi lebih banyak RAM di masa mendatang, munculnya 4GB RAM di ponsel kelas menengah buatan saingan Samsung yang kurang dikenal di pasaran, membuat pabrikan ternama selalu diwajibkan untuk menghasilkan terobosan terus menerus.

Kini, penguasa pasar ponsel global tersebut telah meluncurkan solusi memori LPDDR4 masa depan terbaru untuk digunakan pada lini Galaxy tahun 2016, serta perangkat papan atas dari produsen yang bersaing. DRAM ponsel sebesar 12-gigabit pertama di industri ponsel pintar, berbasis teknologi 20-nanometer, tampaknya akan memungkinkan 3 dan 6GB RAM dalam satu paket smartphone yang terdiri dari masing-masing dua dan empat chip.

Sebelum Anda berpikir hal ini berlebihan, Samsung sendiri mengklaim ada manfaat nyata yang akan ditawarkan oleh 6GB RAM yang terlalu royal ini. Dibandingkan dengan daya 4 gig, teknologi ini harusnya bisa memberikan kecepatan 30 persen lebih tinggi, yakni 4266 Mbps, dan menggunakan daya 20 persen lebih sedikit.

Karenanya, secara teknis, daya tahan baterai Anda mungkin akan melonjak tanpa harus mengembangkan kapasitas jeroan di dalam ponsel Anda. Juga, Anda tidak perlu bahwa footprint perangkat akan bertambah karena adanya peningkatan memori ini, karena paket 6GB RAM ini diklaim akan “mudah masuk ke dalam ruang yang sama” seperti pada perangkat yang saat ini dipasang dengan 3 gig chip.

Terakhir, pabrikan telepon dan komponen asal Korea ini memperkirakan “produktivitas pembuatan 12GB LPDDR4” akan naik 50 persen untuk menciptakan chip 8 gigabit, yang akan memungkinkan lebih banyak pabrikan lain untuk mengadopsi teknologi inovatif ini dalam waktu dekat. Apakah Anda siap untuk melihat Galaxy S7, Sony Xperia Z5 Ultra, HTC O2, dan LG G5 memiliki RAM yang melebihi konfigurasi MacBook Air seharga Rp14 juta?