Review Samsung Galaxy Tab S2, Tablet Gahar Saingat Sengit iPad

    samsung_galaxy_tab_s2

    Samsung akhir-akhir ini masih berusaha untuk mengambil alih pangsa pasar tablet yang diperebutkan secara seimbang oleh para pemain besar seperti Apple dan Microsoft. Meski berada kokoh di urutan kedua penjualan tablet di seluruh dunia, mengingat tren penjualan tablet Apple yang kini sedang menurun, sekarang menjadi waktu yang tepat bagi pabrikan Korea tersebut untuk menghadirkan persaingan yang lebih sengit lagi.

    Samsung nampaknya harus diberi pujian karena tetap mengandalkan penjualan lini tablet Android di tengah kesulitan yang dialami pasar perangkat genggam di seluruh dunia. Galaxy Tab S2 yang baru saja diluncurkan ini adalah salah satu perangkat tablet Android yang memiliki kualitas rancangan dan tampilan yang tergolong manis.

    Galaxy Tab S2 ini sebenarnya adalah gabungan dari dua varian tablet, yakni versi 8 inci dan 9,7 inci. Keduanya menghadirkan layar Super AMOLED QXGA dengan perbandingan layar sebesar 4:3, mengikuti tren bawaan iPad, alih-alih menggunakan rasio tradisionalnya yakni 16:9. Kedua tablet tersebut ditenagai oleh prosesor Exynos 5433 berkekuatan delapan inti, RAM sebesar 3GB, pilihan penyimpanan sebesar 32 dan 64GB, serta opsi microSD hingga 128GB.

    Kedua model ini juga dipersenjatai dengan kamera beresolusi 8 megapiksel dengan bukaan f1,9, serta kamera depan beresolusi 2,1 megapiksel. Teknologi 4G LTE juga dihadirkan di dalam keduanya, dan tentunya sudah berjalan diatas Android 5.0 Lollipop.

    Perbedaan keduanya hanyalah terletak di bagian ukuran dan kapasitas baterai, dimana versi 9,7 dan 8 inci masing-masing dibekali baterai 5870 dan 4000 mAh.