Bocoran RAM Sebesar 4GB Untuk iPad Pro Semakin Terbukti

Bocoran RAM Sebesar 4GB Untuk iPad Pro Semakin Terbukti

ipad-pro-rumor

Kekurangan memori dapur pacu pada perangkat mobile Apple adalah salah satu kelemahan kritis yang paling banyak diutarakan oleh pengamat dan penggemar. Meski sang pabrikan asal Cupertino sendiri mengklaim bahwa iOS adalah sistem operasi yang sangat efisien dan teroptimasi, sehingga tidak memerlukan spesifikasi “berlebihan” layaknya perangkat Android yang disokong Google, namun minggu kemarin, publik dikejutkan oleh besaran spesifikasi yang keluar pada iPhone 6s.

Akhirnya, iPhone telah ditingkatkan kapasitas memorinya menjadi 2GB RAM, yang menjadi pembeda antara ponsel kelas bawah dan menengah pada Android. Perangkat iPad dengan ukuran terbesar yang akan muncul beberapa minggu kemudian, iPad Pro, juga nampaknya akan menandingi besaran RAM yang ditawarkan oleh tablet Microsoft Surface Pro 3 “kelas bawah.”

Seperti yang tidak sengaja diberitakan oleh Adobe minggu lalu, iPad Pro adalah alat kerja profesional “yang sebenarnya,” dengan menawarkan papan ketik fisik, kemampuan alat tulis stylus, dan kekokohan 4GB RAM. Sebagian kalangan pebisnis bisa saja lebih memilih tablet selebar 12,9 inci ini jika saja, dioperasikan dengan Mac OS X. Atau, kemungkinan beralih ke Surface Pro 3, yang menawarkan RAM sebesar 8GB dengan harga mulai dari $1150 atau sekitar Rp16 jutaan.

Sisi baiknya, versi iPad Air 2 tahun 2014 diplot dengan RAM sebesar 2GB, dan generasi awal daripada iPad masih menggunakan memori dibawah 1GB.

Hal ini juga mengikuti tren pada iPhone, dimana minggu lalu versi 6s dan 6s Plus yang baru dirilis, terlihat dibekali dengan RAM 2GB.