3 Fitur Menarik Pada Android 6.0 Marshmallow Mendatang

3 Fitur Menarik Pada Android 6.0 Marshmallow Mendatang

fitur-menarik-android-marshmallow

Versi terbaru dari sistem operasi Android, versi 6.0 yang diberi nama Marshmallow, telah tersedia untuk kalangan pengembang dan pratinjau sampai saat ini, hingga menunggu rilis yang menunggu beberapa minggu lagi. Google menawarkan beberapa pembaruan dari segi fitur di dalam sistem operasi ini, dan berikut adalah diantaranya.

Izin Aplikasi

Izin aplikasi telah ditata ulang di dalam Android Marshmallow. Sebelumnya, pengguna hanya dapat memblokir atau mengizinkan aplikasi secara keseluruhan, namun kali ini, anda akan dapat mengizinkan aplikasi untuk mengakses fungsi perangkat satu-per-satu.

Maksudnya adalah, jika sebuah aplikasi ingin mengakses kamera atau mikrofon perangkat anda, sistem akan memberitahukan bahwa aplikasi yang bersangkutan ingin mengaksesnya, dan kemudian bertanya apakah anda akan mengizinkannya. Misalnya, jika Anda ingin mengirim rekaman suara di LINE, sistem akan memberitahukan bahwa aplikasi tersebut ingin mengakses mikrofon anda.

Now on Tap

Fitur “Now on Tap” mengambil konsep dari Google Now, dan disebarluaskan ke seluruh jaringan sistem operasi, sehingga apapun yang anda lakukan, anda dapat mengakses fitur ini. Anda hanya perlu menahan tombol Home, berbicara mengenai apa yang ingin anda cari, kemudian Now on Tap akan menganalisa informasi yang anda perlukan.

Dukungan Sidik Jari

Memang, hingga saat ini sudah banyak ponsel Android yang mendukung teknologi sidik jari. Namun hal ini merupakan implementasi dari pabrikan sendiri, bukan sistem operasinya. Android Marshmallow secara asali akan mendukung pengenal sidik jari. Fitur ini akan mengizinkan pemindai bukan hanya untuk membuka kunci perangkat, namun juga mengotentikasi pembayaran melalui Android Pay di toko fisik maupun Play Store.