Beberapa Fitur Canggih Pada Android Marshmallow Generasi Mendatang

    fitur-canggih-android-marshmallow

    Android 6.0 akan resmi dibuka untuk publik pada bulan November mendatang oleh Google. Versi sistem operasi robot hijau yang diberi kode nama Marshmallow ini ternyata sudah menawarkan beberapa fitur menarik nan canggih yang siap mempermudah pekerjaan anda di masa mendatang. Penasaran? Berikut daftarnya.

    Tautan Aplikasi

    Tautan aplikasi (App links) yang sering disebut Intents, adalah sebuah fitur dimana jika anda mengklik tautan di email atau pesan teks, fitur ini akan bertanya dengan aplikasi apa anda ingin membuka tautan tersebut. Hal ini juga berlaku jika anda mengklik tautan pada Faceobok atau berkas video, anda akan disuguhkan dengan daftar aplikasi yang dapat membukanya.

    Hal ini memang terasa merepotkan karena anda akan ditanyai setiap kali membuka tautan. Jadi, pada Marshmallow, tautan yang anda buka akan langsung diarahkan untuk diakses dengan aplikasi yang paling sesuai. Contohnya, jika anda menerima URL twitter, maka secara otomatis tautan tersebut akan dibuka dengan aplikasi Twitter.

    Doze

    Salah satu keluhan yang paling lazim dialami oleh pengguna Android masa hidup baterai yang tidak menentu ketika perangkat berada dalam kondisi tidak digunakan. Hal ini karena sebagian besar aplikasi tetap berjalan bahkan ketika ponsel dikunci.

    Doze adalah teknologi yang secara cerdas menganalisa kapan perangkat anda tidak digerakkan dan digunakan, sehingga dapat diarahkan menuju modus sleep, seperti pada komputer. Ketika perangkat anda diatur dalam modus Doze, perangkat akan memeriksa lebih jarang pembaruan aplikasi, namun tetap responsif ketika menerima panggilan atau pesan teks. Tes internal Google mengklaim bahwa fitur ini dapat menghemat baterai pada kondisi tidak dipakai hingga dua kali lipat, dibandingkan Android Lollipop.

    Pencadangan dan Pengembalian Berkas Otomatis

    Pencadangan pada Android memang lebih banyak menyulitkan pengguna. Untungnya, hal ini telah diatasi oleh Google pada Marshmallow. Dengan Android 6.0 anda dapat mengatur pencadangan aplikasi dan pengaturannya secara otomatis ke akun penyimpanan Google Drive anda. Namun, besaran cadangan hanya dibatasi 25MB per aplikasi, dan untungnya dienkripsi secara otomatis, dan tidak dihitung ke dalam besaran kuota Google Drive anda.