Spesifikasi Perangkat Mobile Apple Akan Dipecah Seperti Android

Spesifikasi Perangkat Mobile Apple Akan Dipecah Seperti Android

perangkat-apple-dipecah

Anda tentunya sering mendengar perangkat Android yang memiliki ragam tingkatan spesifikasi, misalnya, mulai dari seri Samsung Galaxy S di tempat tertinggi, hingga Galaxy V yang mengisi kelas bawah. Anda tentu tidak perlu meragukan betapa gaharnya spesifikasi yang diusung Galaxy (S6), mengingat harganya yang menyentuh angka 7-8 jutaan rupiah ketika pertama kali keluar. Namun bagi pengguna yang berkantong tipis, spesifikasi yang anda dapatkan hanyalah “sisa-sisanya” saja.

Kami tidak berbicara mengenai kapasitas penyimpanan, karena sebagian besar Android mengusung lubang untuk microSD. Namun prosesor, RAM, aplikasi bawaan, baterai, besaran layar, kamera, dan sebagainya, hal ini dapat menciptakan “kasta” diantara perangkat.

Apple dikenal tidak menerapkan kasta ini pada produk ponsel dan tablet mereka, namun tren ini mulai kelihatan pada iPad yang mulai dibagi-bagi spesifikasinya berdasarkan kode namanya (4, Air, Mini). Namun, spesifikasinya masih menyediakan banyak opsi dengan loncatan yang tidak terlalu signifikan.

Sayangnya, tren “pemecah” ini nampaknya akan terus berlanjut. iPad Air 2 misalnya, mengusung paket spesifikasi Wi-Fi saja dimana model 32GB dihargai $799, dan 128GB di harga $949. Dan bagi anda yang menginginkan Wi-Fi dengan seluler, hanya bisa membeli model 128GB dengan $1079. Pertanyaannya adalah, dimanakan model 32GB dengan seluler?

Hal inilah yang dilihat menjadi awal tren Apple akan sama seperti pabrikan Android pada umumnya, yakni menawarkan model perangkat dengan kesenjangan fitur yang jauh berbeda pada setiap versinya. Apakah model pemasaran seperti ini akan meningkatkan kapitalisasi Apple? Kita lihat saja.