Dijual $750, Komponen iPhone 6s Hanya Berbiaya $234

Dijual $750, Komponen iPhone 6s Hanya Berbiaya $234

biaya-komponen-iphone-6s

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Apple memang menerapkan strategi untuk mengambil margin keuntungan besar-besaran dalam setiap penjualan perangkatnya, mulai dari iPhone, iPad, hingga iMac berukuran 27 inci sekalipun. Hal ini menyebabkan banyak kontroversi di pasaran, dan analis pasar memperkirakan strategi ini akan segera jatuh dalam beberapa waktu ke depan.

Kenyataannya, persaingan di dunia teknologi semakin memanas, terutama di dunia ponsel. Karenanya, cepat atau lambat perusahaan yang bermarkas di Cupertino ini harus menurunkan egonya untuk meraih keuntungan per unitnya untuk mempertahankan penguasaannya di pasar. Di satu sisi, inilah yang dinilai oleh analis, namun di sisi lain, tampaknya iPhone 6s semakin mahal untuk diproduksi ketimbang pendahulunya, meski dijual dengan harga retail mulai dari $649 (9,3 juta rupiah) tanpa kontrak.

Menurut perkiraan Bank of America Merrill Lynch, iPhone 6s 4,7 inci berkapasitas 64GB membutuhkan investasi komponen dibawah $250 sebelum dijual seharga $750 (10,8 juta rupiah) di pasaran. Secara spesifik, total harga keseluruhan bagian-bagian yang dibutuhkan untuk menyusun perangkat dengan fitur 3D Touch ini adalah sebesar $234 (3,3 juta rupiah), dimana bagian semikonduktor membutuhkan biaya termahal yakni $127 (1,8 juta rupiah).

Hal ini termasuk diantaranya prosesor A9 seharga $25, penyimpanan flash seharga $20, $36 untuk radio seluler, dan $22 untuk beragam sensor, seperti pengenal sidik jari dan NFC. Sementara itu, biaya komponen layar, kamera 12MP yang lama ditunggu-ditunggu pembaruannya, dan baterai yang lebih kecil ketimbang versi 6, berkisar di angka $73.