Waspada! Layar Kunci Android Lollipop Dapat Diretas

Waspada! Layar Kunci Android Lollipop Dapat Diretas

peretasan-layar-kunci-android-lollipop

Permasalahan pada Lollipop sudah sangat gamblang dijelaskan oleh media teknologi dan juga media nasional. Kasus kedua yang banyak mencuat beberapa waktu silam adalah kelemahan pada sistem MMS Android 5.0 yang disebut Stagefright yang mengarah kepada reaksi pengembang untuk segera menghadirkan pembaruan keamanan. Di saat Google dan pabrikan ponsel Android sedang dalam masa menuju versi 6.0 Marshmallow, yang disebut-sebut akan membawa banyak perubahan pintar untuk ponsel Android di dalamnya, beberapa ponsel hanya akan dapat diperbarui hingga versi 5.0 saja. Hal ini membuat anda harus semakin waspada mengenai celah keamanan yang mungkin terjadi.

Ponsel yang menjalankan sistem operasi versi 5.0 hingga 5.1.1 yang belum juga diperbarui setelah revisi “LMY48M” di 5.1.1, dan memiliki layar kunci dengan pengamanan kata sandi, sedang dalam kondisi berbahaya karena dapat dimasuki dengan trik melewati kata sandi.

Prosesnya hanya membutuhkan waktu 10 menit, diuraikan sebagai berikut.

  1. Peretas menghidupkan perangkat dan memanggil panggilan darurat.
  2. Peretas kemudian mempersiapkan karakter dalam jumlah besar-besaran yang akan disalin ke kotak pengetikan Android.
  3. Peretas lalu mengakses kamera dari layar kunci dan mengakses menu pilihan yang akan mengeluarkan permintaan kata sandi (selain itu, anda juga dapat masuk ke Galeri untuk melakukan hal serupa).
  4. Peretas kemudian menempel dan memasukkan karakter besar-besaran tersebut.

Dan voila, ponsel anda kemudian terbuka dan sang peretas dapat mengakses data apapun di dalamnya.

Jika anda memiliki ponsel yang kemungkinan dapat dibuka dengan cara serupa, saran terbaik dari kami adalah gunakanlah sistem kunci PIN atau pola, yang tampaknya tidak terpengaruh oleh celah tersebut.