Prosesor Apple A10 Dirumorkan Akan Memiliki 6 Inti

Prosesor Apple A10 Dirumorkan Akan Memiliki 6 Inti

apple_a10-prosesor

Perangkat genggam terbaru memang tidak akan ada habisnya. Beberapa bulan belakangan publik pecinta gadget disibukkan dengan rumor yang berkembang mengenai pembuatan Samsung Galaxy S7, hingga pada dua minggu belakangan, marak berita mengenai iPhone 6s dan iPad Air terbaru yang membawa beberapa variasi prosesor A9, serta berita pembaruan sistem operasi iOS 9.

Memang, varian prosesor A9 diatas membuat kinerja perangkat genggam Apple menjadi “sedikit” lebih kencang. Rumor yang berkembang mengatakan bahwa pabrikan Tiongkok TSMC kemungkinan akan menjadi produsen eksklusif untuk membuat chipset A10 jika sudah disetujui. Namun rumor ini sendiri berasal dari sumber yang kurang terpercaya, sehingga masih membuka kemungkinan untuk pabrikan lainnya untuk memproduksi prosesor Apple generasi mendatang ini.

Sebuah sumber yang dekat dengan industri pembuatan semikonduktor di Tiongkok memberi sebuah bocoran singkat pada jejaring sosial Weibo, sebagai berikut (versi terjemahan) :

“Apple sedang mengembangkan arsitektur A10 generasi mendatang, dan akan fokus untuk membangun benang ganda (multi-thread) hingga enam inti dengan ketebalan 10 atau 14 nanometer. Proses 14 nanometer Samsung, TSMC, dan Intel sedang berada dalam urutan.”

Bahkan, seorang analis pada Creatives Strategies memberikan informasi bocoran yang tak kalah mengejutkan di Twitter. Ben Banjarin dalam akun @BenBanjarin menyebutkan bahwa prosesor A10 akan memiliki ketebalan tidak lebih dari 14 nanometer. Enam inti prosesor juga tidak akan dibutuhkan, dan (dialihkan) pada kartu unit grafis (GPU).