Verizon dan Qualcomm Bekerjasama Hadirkan LTE-U Tahun Depan

Verizon dan Qualcomm Bekerjasama Hadirkan LTE-U Tahun Depan

pengembangan-lte-u

Kami telah banyak mengulas tentang perangkat masa depan papan atas yang mungkin akan hadir dalam beberapa waktu ke depan, dan standar yang digunakan dalam pemakaiannya. Salah satu yang sedang hangat adalah topik mengenai Internet of Things (IoT) yang akan menyatukan seluruh perabotan, perlengkapan, dan peralatan di sekitar kita melalui sambungan internet. Operator seluler terbesar kedua di AS, AT&T, memamerkan sebuah perangkat cetak biru untuk menyokong kampanye IoT ini dalam pergelaran CTIA. Selain itu, salah satu teknologi yang sedang ramai diperbincangkan adalah pemanfaatan spektrum data 4G LTE yang tidak dilisensi, atau yang sering disebut juga dengan LTE-U.

Spektrum data ini berada pada kisaran 5 GHz, dan memang diperuntukkan untuk jaringan yang mencakup area padat yang menampung banyak orang seperti taman, stadium, dan sebagainya. Jika anda sering mengutak-atik Wi-Fi, maka anda akan mengetahui bahwa jaringannya secara umum menggunakan besaran pita jaringan yang sama. Masalahnya, pita ini sudah terlalu ramai dipakai dan sering membuat kemacetan.

Meskipun beberapa pihak masih berkutat untuk mempersoalkan masalah “keramaian” ini, namun nyatanya LTE-U kini sudah dipersiapkan untuk pemakaian publik. Snapdragon 820 akan menjadi prosesor pertama yang dipersenjatai dengan modem LTE-U, dan T-Mobile menjadi salah satu operator seluler yang sedang giat untuk meluncurkan menara sinyalnya ke luar angkasa untuk mengakomodir teknologi ini.

Namun kerjasama resmi dengan pabrikan pembuat Snapdragon, Qualcomm, baru saja ditandatangani oleh Verizon, dimana ujicoba akan dilakukan bulan depan dan diperkirakan siap diluncurkan secara komersial tahun depan.