Mesin VVT-i adalah? dan Kelebihannya

Mesin VVT-i adalah? dan Kelebihannya

mesin vvt-i

Mari kita membahas sedikit tentang mesin mobil yang saat ini menjadi salah satu engine yang banyak digunakan pada versi mobil model terbaru, yaitu Mesin VVT-i yang menjadi slaah satu mesin teknologi tinggi yang dikembangkan oleh TOYOTA.

mesin vvt-i

Mengenal Mesin VVT-i adalah, Mesin berteknologi VVT-i (Variable Valve Timing with intelligence) adalah mesin berteknologi variable valve timing yang dikembangkan oleh Toyota. Mesin VVT-i VVT-i menggantikan teknologi VVT Toyota yang sudah mulai diterapkan tahun 1991 di mesin Toyota 4A-GE 5 silinder. dan apa kelebihan mesin vvti itu? Mesin yang sudah dipakai di sebagian besar mobil Toyota ini diklaim membuat mesin semakin efisien dan bertenaga, ramah lingkungan serta hemat bahan bakar.

Teknologi mesin vvti VVT-i (sering disalahartikan dengan injeksi) bisa diterjemahkan dalam kalimat awam pengaturan pintar waktu buka tutup valve yang variatif. VVT-i diperkenalkan pada tahun 1996.

Cara kerja mesin vvti cara kerja teknologi ini cukup simpel. Untuk menghitung waktu buka tutup katup ( valve timing ) yang optimal, ECU ( Electronic Control Unit ) menyesuaikan dengan kecepatan mesin, volume udara masuk, posisi throttle ( akselerator ) dan temperatur air. Supaya target valve timing senantiasa terwujud, Sensor posisi chamshaft atau crankshaft memberikan sinyal yang menjadi respon koreksi begitulah kira-kita secara simplenya.

dan kini Mesin VVT-i telah banyak digunakan pada mobil masakini untuk mesin TOYOTA.