Setya Novanto dicekal, Apakah DPR Akan Turun Tangan?

Setya Novanto dicekal, Apakah DPR Akan Turun Tangan?

jendelanet.com – telah kita ketahui bahwasanya Setya Novanto ini adalah salah satu saksi penting salam kasus mega korupsi e-ktp yang dilakukan oknum DPR hingga merugikan negara dan juga masyarakat Indonesia khususnya, kenapa Setya Novanto bisa dicekal? tidak lain karena ini sangat urgen.

Pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra menilai Dewan Perwakilan Rakyat tidak perlu memprotes pencekalan Setya Novanto oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Sebab, pencekalan tersebut telah diatur dalam Undang-Undang. Ketua DPR itu dicekal terkait kasus e-KTP karena KPK menilai Novanto menjadi saksi penting untuk tersangka Andi Agustinus alias Andi Narogong.

“DPR tidak perlu protes karena kewenangan KPK mencekal seseorang yang masih dalam status sebagai saksi adalah sesuatu yang diberikan oleh Undang-Undang, yang DPR dan Presiden ikut membuatnya,” kata Yusril dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu 12 April 2017.

Menurut Kahar, Golkar selama ini selalu taat pada hukum. Namun Kahar mengaku belum tahu soal pencegahan terhadap Novanto. Ia juga belum berkomunikasi dengan koleganya tersebut.

Kahar meyakini pencegahan terhadap Novanto tidak mengganggu soliditas Golkar. “Enggak. Tapi nyenggol-nyenggol pasti ada,” katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 11 April 2017.

Kahar berujar Golkar tidak merasa tersandera dengan pencegahan terhadap ketua umumnya. Menurut Kahar, pencegahan hal yang wajar dalam politik. “Orang politik pahamlah bagaimana arahnya. Jadi ketua partai kayak pohon tinggi, apalagi ketua partai dan Ketua DPR. Jadi biasa,” ujarnya.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah juga menyebut lembaganya memiliki hak imunitas. Tetapi Jokowi enggan menanggapi hal itu. Dia pun tak mau berandai-andai soal pendapatnya bila mendapat surat tersebut.

demikianlah Setya Novanto dicekal, baca terus berita dari kami.

LEAVE A REPLY